Ahli Kunci Berbagi Tips Duplikat Kunci

Belajar Duplikat Kunci Dari Ahli Kunci

Hai brot….
Kali ini ahli kunci akan share tutorial duplikat kunci menurut ahli kunci. Tentu bagi anda yang ingin membuka usaha sebagai ahli membuat kunci artikel ini akan sangat bermanfaat. Saat kita membeli biasanya kita mendapakan 3 buah kunci lalu memberikannya pada masing-masing anggota keluarga. Tetapi bagaimana bila jumlah orang lebih dari 3? tentu saja kita perlu men-duplikat kunci itu.

Ongkos untuk men-duplikat kunci bisa dikatakan cukup murah, mungkin sekitar Rp 10.000,- kita sudah bisa mendapatkan kunci sesuai dengan contoh aslinya dan pengerjaanya pun sangat cepat. Bagaimana bila membuat duplikat kunci sendiri tanpa perlu ahli kunci?

sebenarnya men-duplikat kunci sendiri cukup mudah, dengan bermodal beberapa alat sederhana dan kesabaran kita bisa membuat sendiri kunci yang kita inginkan dan bisa menjadi lahan bisnis menguntungkan bagi anda, sebagai ahli kunci. Berikut cara-caranya :

Bahan yang harus disiapkan :

  1. Baut 7mm
  2. Kuas bekas
  3. Lem kayu
  4. Lem besi

Alat yang harus disiapkan :

  1. gerinda
  2. kikir
  3. gergaji
  4. vernier kaliper/jangka sorong

Berbagi Pengalaman Sebagai Ahli Kunci

“Kurang ajar! Maunya kunci motorku diperbaiki, justru tukang kunci itu membredel bodi kunci motorku” batinku. Nyaris saja saya terlambat mengajar. Syukurlah motorku tetap bisa diperbaiki oleh ahli kunci tersebut.

Namun, saya masih mendongkol karena ulah ahli kunci yang main rusak itu. Oleh karena itu, saya perlu menuliskan ini agar rekan-rekan berhati-hati jika ingin membuat duplikat kunci.

Kemarin, saya pergi naik motor. Ketika hampir tiba di rumah, saya berhenti di sebuah toko untuk membeli oleh-oleh bagi anak-anakku. Saya teramat terkejut ketika kunci motorku sudah lenyap.

Tentu kunciku jatuh karena saya sempat merasakan goncangan hebat akibat jalanan rusak tadi. Untuk mematikan mesin motor, saya nge-chock. Dan matilah motor itu. Pagi ini, saya akan mengajar ke kampus di daerah Kartasura Solo.

Saya berangkat lebih pagi karena saya ingin membuat kunci duplikat untuk motorku. Setelah bertanya ke sana-sini, saya menemukan ahli kunci di selatan perempatan Kartasura. Saya pun menunggu beberapa lama hingga tukang kunci itu membuka semua pintu kiosnya. Setelah menyampaikan keluhanku, ahli kunci itu segera mengambil peralatan.

Saya duduk agak menjauh karena sinar matahari begitu menyilaukan mata. Saya melihat ahli kunci itu mengutak-atik bagian kunci motor dengan menggunakan kawat dan kunci-unci duplikat lainnya. Saya tidak begitu memedulikan tingkahnya karena saya asyik membaca kompasiana dengan HP jadulku.

Tips Agar Tidak Tertipu Ahli Kunci Abal-Abal

Saya jadi teringat dengan cerita teman dahulu. Temanku pernah bercerita bahwa kita mesti berhati-hati dengan ahli kunci. Konon tukang kunci itu mempunyai beberapa kebiasaan buruk. Ada beberapa oknum tukang kunci berperilaku jahat. Berikut catatan yang dapat saya berikan:

Jangan pernah anda mengundang ahli kunci jika kunci rumah Anda hilang. Sebaiknya Anda berusaha agar tukang kunci tidak mengetahui kondisi rumah Anda. Konon tukang kunci dapat mengetahui rahasia kunci rumah. Tentu kita perlu mewaspadai oknum tukang kunci yang berniat jahat!

Jika kunci motor atau mobil anda hilang, sebaiknya Anda bertanya tentang spesifikasi barang duplikat agar tidak tertipu. Jujur saja, saya merasa tertipu dengan ulah ahli kunci tadi.

Tanpa banyak bertanya, ahli kunci itu langsung merusak bodi kunci sehingga saya mesti membeli barang baru. Hati-hati jika tukang kunci menawarkan bodi kunci baru. Saya terkejut dan teramat kaget ketika melihat banyak bodi kunci asli. Darimana tukang kunci itu mendapatkan barang-barang itu?

Jika ahli kunci itu membeli spare parts dari dealer, tentunya semuanya masih tersegel. Namun, barang-barang itu begitu terbuka. Terlihat kabel-kabel kunci itu terpotong yang menggambarkan kecurigaan bahwa barang-barang itu berasal dari barang curian. Jangan-jangan tukang kunci itu menjadi penadah pencurian kendaraan bermotor?

Tulisan ini sekadar himbauan agar kita mesti mewaspadai ulah segelintir orang yang menggunakan cara-cara licik untuk meraih rezeki. Mudah-mudahan ahli kunci itu tersadar atas kesalahannya. Dan semoga tidak semua ahli kunci berperilaku demikian. Amin.

Mengapa Harus Datang Pada Ahli Kunci

Mau mebuka pintu, lemari, ataupun kulkas itu semua membutuhkan kunci. Bahkan, untuk menghidupkan mesin sepeda motor, menghidupkan mobil, dan lain sebagainya. Jika demikian, seperti apakah cerita mereka yang berada dibalik adanya kunci?
oleh Juli Ramadhani Rambe, pakar ahli kunci.

Begitulah, benda yang bentuknya kecil dan pipih kadang ada yang bulat, dan mempunyai gerigi ini punya fungsi yang sangatlah penting dalam kehidupan kita yang kadang kadang, tanpa kita menyadari perananya. Padahal kalau di pikir-pikir, peran dari sebuah benda mungil ini meliputi segala hal dalam kehidupan kita, mulai dari kehidupan di rumah, dikantor, dan didalam pergaulan membutuhkan peran pentingnya.

Kenapa demikian? sebab, setiap sisi dalam hidup kita membutuhkan privasi. Sehingga, pada akhirnya kita memutuskan untuk menyembunyikan dari peggunaan orang di sekitarnya.

Contohnnya, untuk menyembunyikan buku diari, barang berharga atau pakaian, kita mengunci lemari pakaian.Dan, untuk menyimpan barang pribadi di kantor, kita mengunci lemari yang disediakan. Lalu, nah untuk menghindari percekcokkan dengan teman kita, kita mengunci mulut.

Maka, dalam keseharian kita, tidak sedikit dijumpai seseorang yang kehilangan kunci. Hal demikian mungkin karena salah taruh atau kelupaan, dan tidak jarang jatuh di tengah jalan. Padahal, kalau kita sedikit menaruh perhatian padanya, mungkin saja perihal ‘kehilangan kunci’ tidak akan kita alami.

Kendala Jika Susah Cari Sang Ahli Kunci

Kalau sudah kehilangan kunci, apa yang keudian akan kita lakukan? mencari kunci cadangan atau duplikat kunci ,terkadang duplikat kunci pun kita sudah tidak tahu di mana keberadaanya, alhasil, mencari ahli kunci inilah jawaban yang paling masuk akal.

Untuk harga menempah satu duplikat kunci, ahli kunci biasa mentafsir biaya 10 ribu rupah, duplikat kunci sepeda motor 25 ribu rupiah dan bervariasi,duplikat kunci mobil 100 riburupiah dan bervariasi, tergantung tingkat kesulitan dalam menduplikat kunci.

“Kalau sudah ada duplikat kunci nya lebih mudah dikerjakan, tetapi kalau kunci sudah hilang total dan para ahli kunci harus buat baru, inilah yang sedikit sulit,” .

Cara Duplikat Kunci :

1. Dengan menggunakan gerinda, ratakan permukaan baut hingga datar. Buat semua sisi hingga berbentuk persegi panjang seperti kunci.

DSC03230grinda-1024x384DSC03233

2. Ukur lebar dan ketebalan kunci menggunakan caliper (jangka sorong). Bila ukuran hampir mendekati, lanjutkan menggunakan kikir untuk menipiskan.

3.  Selanjutnya adalah membuat gigi kunci. Pertama-tama ukur jarak gigi kunci asli menggunakan caliper, lalu dengan menggunakan kikir kecil, buat gigi yang sama sesuai ukuran.

DSC03243kikir-1024x3

4. Jika sudah, ukur kembali jarak gigi asli kunci menggunakan kaliper, lalu kikir lagi dan seterusnya.

DSC03247

DSC03254

5. Jika seluruh gigi pada kunci telah dibuat, seharusnya sekarang kunci yang kita buat ini sudah bisa digunakan.

DSC03261

Sekian ahli kunci berbagi artikel mengenai tutorial duplikat kunci, semoga bermanfaat untuk menambah wawasan anda dan bisa menjadi penghasilan tambahan pula.
Salam brot…..

Leave a comment